module assignment presentations.

Friday, June 22, 2007

this week is very suck!! dalam seminggu gua 4x presentasi.. ah gilak. bete banget gua. apa lagi dalam salah satu presentasi gua dan kelompok dicecer sama pertanyaan ngga penting dari dosen. gua jadi agak mikir, itu dosen nanya buat ngejatohin kita. karena apa? biasanya kan pertanyaan itu ditujukan untuk nguji tanggung jawab kita atas content dari paper/module assignment kita, nah si dosen X dan Y, malah nanya2 ngga penting yang ngga related sama isi modas gua! kan gua kesel lama2. jadi ceritanya observasi gua itu ke sebuah restoran di daerah kemang, dulu restoran tadi punya branch di hsbc sudirman. dan branch itu ditutup karena policy dari management gedung tersebut, tapi kata pemilik resto sebenernya tempat sejenis itu sangat appropriate untuk resto ini. kebetulan pemilik resto tsb sebenernya punya keinginan buat buka branch baru. ya kelompok gua ngasih suggestion buat pemilik restoran untuk buka branch di tempat sejenis dong. eh si dosen itu malah nanya kenapa manajemen gedung ngerubah policynya! udah gitu kenapa kita suggest untuk buka di tempat seperti itu lagi, kalo ternyata policynya seperti itu. itu kan bukan urusan kita. tus di suggestion lain kan kita bilang kalo resto ini should open more branches and enlarge the layout/size of resto at kemang to handle the uneffective capacity. tus si dosen lainnya nanya: emang resto ini di life cycle mana? kita bilang, di maturity. tus, tuh dosen nanya lagi: kalo dimaturity kenapa suggestionnya seperti itu? setelah sempet adu2 mulut ama member kelompok gua yang lain, gua timpal aja: it's only a suggestion. but as we know, every product in maturity life cycle have to improve or make an innovation in order to survive in the market. tus tuh dosen langsung diem sambil cengar-cengir. uh, gua jadi pake otot!

di presentasi2 lainnya, hal sejenis perdebatan dengan dosen atau audience emang suka terjadi, tapi argumen dari 2 sisi itu ngga ngawur dan tetep sejalan dengan content atau hasil observasi. nah ini? kok faktor X dari faktor X ditanyain? au ah, kesel gua!

mana dalam seminggu gua cuma tidur sebentaaaarr banget. gila banget ah. masa barusan, gua presentasi jam 1, modas gua baru selesai jam 11. untung dosennya yang ini ngga macem2. kalo macem2 seperti yang sebelumnya, kali ini gua naik darah beneran.

tapi di balik itu semua ya, gua satisfy banget sama modas finance gua. gua sama temen gua ngerjain cuma berdua (sementara kelompok lain bertiga-berempat) karena partner satunya lagi 'resign' dari mata kuliah tsb.

perjalanannya cukup sangat berliku. masalah terus dateng karena gua sama dia sama2 berotak dikit. sumber data banyak, tapi ngga ada yang appropriate. hasil analisa pun ngga jelas juntrungannya kemana karena topik yang kita dapet secara undian itu emang limited. udah gitu ngerjainnya lewat telepon!

tapi ngga tau kenapa, kita ikhlas ngejalaninnya. bahkan ngga ngeluh sama sekali, paling2 keluar kata2 kasar lah. kita justru ikhlas aja sama keadaan dan bener2 ngejalanin semampu kita. kita atasin topik yang limited itu dengan cari2 data yang related dari internet, tus ditransfer ke bahasa inggris.. ngga cukup sama stu opini, kita cari second opinion. ngga ngerti datanya, kita sampe nelepon dan kirim email ke bursa efek surabaya (dan ngga dibales pula!). ah pokoknya perjuangan yang penuh dengan kebingungan, tapi hasilnya bisa maksimal 'cuma' dengan keinginan untuk mengembangkan hasil analisa yang limited itu. kita juga ngga nyangka..

udah gitu dosennya juga ngga nyari2 kesalahan (seperti yang dilakukan oleh dosen X dan Y itu. huh!). kalo ngasih kritikan atau comment pun sifatnya juga ngebangun. jadi kita nerimanya enak dan bisa dijadiin motivasi.

haaaahh.. akhirnya selesai juga presentasi2 bahenol ini. dua minggu ke depan 'tinggal' final test. dan pastinya seperti biasa, gua udah males belajar kalo kayak gini. abisnya cape banget coy!! dan belajar tetaplah hal yang menjemukan bagi gua.... jemu ku jemu!!

0 comments:

Post a Comment

 
template design by Studio Mommy (© copyright 2015)