Thursday, June 4, 2020

Pretty Little Liars - Revisited.

WAH WAH! Setelah check statistik visitor blog ini, lucu juga begitu ngeh ternyata banyak new visitors yang mampir karena blog post tentang Pretty Little Liars yang gue tulis 12 tahun lalu [Link]! *Hai hai!!* Gue masih inget waktu gue beli novelnya lalu terus beli buku-buku selanjutnya (ngga bisa berhenti baca) karena ceritanya bikin penasaran. Selain itu storylinenya dikemas secara menarik banget oleh Sara Shepard. Gue begitu kecantol dengan ceritanya karena gue tau Sara Shepard udah ngerencanain ending yang bagus banget atas semua misteri di PLL.

Pretty Little Liars ini memenuhi ekspektasi dan sesuai dengan taste gue. Gue suka dengan cerita-cerita yang berbau skandar dan misteri. Settingan di suburb juga lebih mudah dibayangin daripada setting di New York yang jadi background Gossip Girl. Satu-dua tahun setelah gue ngikutin seri PLL, mulai deh PLL dan angkat ke serial TV dan CD bajakannya beredar di Jakarta.

Buat gue, serial TV-nya ngga semenarik baca bukunya. Akhirnya gue cuma bertahan nonton 1 season. Ada yang istimewa dari tulisan Sara Shepard dan packaging bukunya yang membuat gue punya imajinasi yang lengkap atas PLL. Menurut gue, serial TV-nya ngga bisa mengejar kesenangan gue membaca bukunya.

Trus 10 tahun berjalan, tiba-tiba muncul PLL versi Indonesia.


Guess what?

Gue tonton dong itu sampai selesai! xD

Tentunya dengan men-skip banyak scene kalau plotnya terlalu lelet T_T

Tujuan gue nonton adalah revisiting, bukan membanding-bandingkan. Cari penyakit sih kalau gini hari ngebanding-bandingin original dengan remakenya (muna banget yes, orang gue suka dengerin lagu cover kok!). Gue juga mencari-cari, kira-kira kearifan lokal apa yang dibikin supaya cerita ini menjadi Indonesia banget.... yang sayangnya ngga gue temuin karena ceritanya masih kebule-bulean. But I am not writing this to make a movie critic.

Rasanya seru aja seharian revising PLL melalui versi remakenya, apalagi nyaris ngga ada perubahan dari storyline season 1. Dulu PLL sempat ada di Netflix, sekarang pas gue mau revisit semua season, eh udah ngga ada. Download-an season 2-4 yang sempat gue simpen di hard disk pun udah gue hapus! *nyesel*

Buat yang suka misteri dan skandal sekaligus, di Netflix ada "Elite" dan "ControlZ". Check 'em out!

0 comments: