Saturday, March 19, 2022

Catatan Akhir "Sekolah".


Di tahun pertama pandemi, gue sempet struggling dengan cashflow bulanan karena selama 8 bulan gue ngga bisa nabung sama sekali. Lalu pas pendapatan dianggap pulih di awal tahun 2021, ternyata overall pendapatan gue malah turun karena ada pengalihan jumlah tunjangan (huahahah jadi apanya toh yang pulih?). Cuma saat itu gue merasa ngga bisa misuh-misuh soal uang.. mood sehari-hari aja udah runyam, gimana kalau ditambah lagi urusan rekening?

Makanya suatu hari menjelang di akhir tahun 2021, gue lumayan surprised ternyata ada dana yang cukup untuk gue investasiin. Jangan tanya dari mana, gue pun heran dalam kondisi pandemi ini kok ternyata malah ada rezekinya. Jumlahnya cukup menggoda untuk ditukar dengan instrumen investasi atau untuk sekedar mendongkrak angka di tabungan, tapi ngga tau kenapa, saat itu gue lagi pengeeeen banget belajar.

Sempet kepikiran, apa ini saatnya gue untuk coba apply S3 ya?
Tapi mau di mana? Jurusan apa?

Gue sempet 1 tahunan nyoba bikin proposal disertasi, tapi ngga sanggup bikin perumusan masalah. Eh, tapi kan sekarang karena WFH jadi banyak waktu di rumah untuk belajar dan research, ya ngga?

Gelisah terus bawaannya....

Apa gue serius belajar investasi di capital market aja ya? Investasi gue sejauh ini di reksadana cuma bikin gue geli-geli aja. Kupon bond pun rasanya udah kemakan inflasi.

Trus seperti ada jawaban gitu, tiba-tiba muncul di kepala gue untuk cari online course di luar Udemy dan Coursera. Kalau bisa cari yang credit bearing untuk gue daftar S3 deh! Gue abisin semaleman untuk cari course yang sesuai sama minat dan kebutuhan industri saat ini, dan eh.... loh, kok ada topik-topik yang oke nih? Saat itu gue temuin beberapa judul course terkait dengan Strategic Management dan Digital Transformation.

Topik Strategic Management adalah salah satu mata kuliah favorit pas gue S1. Lalu pas gue S2 pun, Psikologi Terapan dalam SDM-nya juga lebih mengarah pada strategi SDM dan organisasi. Lalu topik kedua adalah tentang Digital Transformation, suatu upaya yang banyak dilakukan di industri di Indonesia ini dan kayaknya pain pointsnya banyak banget. DT ini juga merupakan salah satu expertise yang lagi gue bangun di dalam karir gue setelah 5 tahunan menghandle transformasi perbankan dan pengembangan fintech.

So..... Gue mulai hubungin untuk minta program, silabus, dan tentunya, biaya coursenya. Eng ing eng, mahal bener ya kalau ambil online course di university yang ada di yurep dan ameriki.

Akhirnya gue sabar-sabarin aja nyari yang sesuai dengan keinginan dan budget gue. Sempet satu kali tergoda temen yang lagi ngomongin kesuksesan dia investasi emas dan saham, tapi pas gue mulai tergoda itu, tiba-tiba muncul pilihan course yang sesuai topiknya, (agak) sesuai budget, dan online! Penyelenggaranya pun reputable university. Materinya dibawain sama faculties yang backgroudnya menarik banget.

Karena biayanya ngga murah, gue sempet consult ke nyokap dan ke temen-temen gue. Dan finally, menjelang penutupan pendaftaran, gue enroll dengan diskon sekitar 4 jutaan. Kan 'meyen!

Setelah gue bayar, gue tutup laptop. Trus gue mikir:
Gue akhirnya menginvestasikan uang gue di ilmu.

YA MOGA-MOGA BENERAN JADI ILMU YA!!!

Sebagai full-time employee dengan practical knowledge yang mulai mature, ternyata ngejalanin course secara online dari pertengahan Desember sampai awal Maret ini, menurut gue.... GILA BANGET! Seluruh student udah diberikan warning untuk menyiapkan 4-6 dedicated hours per week untuk online class dan ngerjain tugasnya, tapi ternyata gue butuh lebih dari 6 jam setiap minggunya. Untuk apa? IYA UNTUK NYATET!!!!

Asli ya, semua yang omongin facultiesnya itu daging dan insightful banget, tapi besoknya gue langsung LUPA kalau ngga gue catet. Jadi lo bayangin, pada saat class berlangsung, gue seperti murid yang haus ilmu, ngedengerin pelajaran sambil berbinar-binar. Tapi besoknya, gue nyaris ngga bisa nge-recall apa yang diobrolin kemarin.

Gue akhirnya bikin catetan. Agak lucu gue bikin catetan pelajaran mengingat dulu aja gue paling males nyatet. Dulu gue itu murid dan mahasiswa yang kerjaannya cuma stabiloin dan tulis di margin sisaan buku paket. Trus kalau mau ujian, gue foto kopi catatan temen, trus gue stabiloin lagi tu hasil foto kopiannya.

Lalu sekarang, di usia gue yang hampir mid-30s ini, gue beneran bikin catetan selama 6-8 jam setiap weekend.

So, adek-adek yang school from home selama pandemi ini.... I feel yewww!!!!

Sekarang coursenya udah selesai, no more online class(es)! Gue seneng udah 2 minggu ini kembali ke rutinitas leha-leha di waktu weekend, tapi gue kangen buka Canvas dan Zoom untuk belajar. Ada rasa yang nyaman saat gue memegang identitas sebagai pelajar, bukan sepenuhnya sebagai professional. Throwback ke blog post terakhir gue sebagai mahasiswa, kayak gue emang nyaman menjadi penimba ilmu.

Course rasa kuliah seperti ini emang cocok untuk gue. Tapi tugas-tugas dan pressurenya bikin gue mikir-mikir lagi mau lanjut S3. Tau ngga, perasaan seperti, "Iya gue pengen banget, tapi...." Selalu ada TAPI yang bikin gue memutuskan hidup begini aja untuk sekarang. Ibaratnya, kalau course ini adalah pemanasan untuk S3, gue belum cukup panas untuk melenggang lagi masuk ke kampus. Sambil nunggu nilai final ke luar, gue udah mikir, kalau gue ngga dapat creditnya juga ngga apa-apa.. toh creditnya akan hangus karena gue ngga mungkin S3 dalam kurun waktu yang ditentukan.

Tiga bulan online class, gue seneng banget. Gue seneng sama ilmu penelitian dan akademis yang melengkapi point of view gue. Gue NGEFANS banget sama dosen-dosennya. Gue seneng dengerin pendapat dari peserta lain. Gue bahkan enjoy banget bikin digital note di iPad gue karena bersih ngga ada coretan dan ngga ada tipe-x(!!!!!!). Gue yakin, gue ngga akan menyesali investasi gue yang ini walaupun gue ngga tau returnnya nanti apa.

Gue PUAS! I feel fulfilled!!! Dan gue mau lagi kalau ada "duit nganggur".
Until then, let's put the knowledge into practices.

0 comments: