Sybil.

Monday, February 25, 2008


Novel Sybil ini adalah novel psikolgi favorit gua.

Cerita dalam novel ini adalah sebuah kisah nyata, penulisnya Flora Rheita Scheiber. Dia nyeritain perjalanan hidup seorang gadis bernama Sybil Isabel Dorsett (nama samaran) yang menderita Dissociative Identity Disorder. Kalo baca versi bahasa Inggrisnya, emang berat banget sih, tapi kalo baca versi bahasa Indonesianya malah bingungin.

Sybil sendiri adalah seseorang dengan 16 kepribadian (2 di antaranya cowo!). Diduga identitas aslinya adalah Shirley Ardell Madison. Ada beberapa penyebab kepribadiannya terpecah, mulai dari kekerasan seksual yang dilakukan nyokapnya sampe faktor keturunan. Yang jelas, banyak waktu dari hidupnya yang ngga dijalanin dengan dirinya sendiri. Tapi setelah 11 tahun melalui proses psikoanalisis, Dr. Caroline Wilbur akhirnya berhasil 'menyembuhkan' Sybil.

Kalau penasaran sama resensinya, bisa lihat di sini atau cari di Google. Gua ngga mampu nulisnya hihihi..

2 comments:

  1. sialan, ngeresensi buku malah ngerefer ke orang lain :p gw aja lupa pernah mosting sybil...

    ReplyDelete
  2. iseng doang dee.. lagian gua bukan orang yg tepat untuk ngeresensi eheheh..

    ReplyDelete

 
template design by Studio Mommy (© copyright 2015)