Thursday, March 11, 2021

Review-review 1 Tahun WFH.



1. Badan cepet pegel
Dibilang "cepet" yha gag ugha... Tapi otot dan sendiri jadi kaku karena memang jadi lebih sedikit bergerak. Kursi kerja hidroponik hidrolik yang ada di rumah juga ngga seergonomis yang ada di kantor kan (bahkan gue ngga nyadar kalau kursinya ngga ergonomis sebelum sepupu gue beli kursi yang sama dan bilang kalau sebenernya handrestnya kerendahan). Tapiiii.. menurut gue penyebab badan pegel yang gue rasain adalah karena posisi kerja gue yang suka akrobat.

Misalnya gue udah capek duduk di area kerja, gue bisa lanjutin kerjaan di sofa.. di kasur.. di manalah yang menurut gue saat itu nyaman. Ternyata gue hanya menjalarkan pegel dari satu tempat ke tempat lainnya.

Yang paling sering pegel itu panggul dan pantat. Gue udah sering mengalami nyeri panggul karena endometriosis tumbuh lagi, tapi nyeri pantat tuh kayaknya baru-baru setelah WFH gini aja :D Pantat besar ini bukan jaminan lo akan nyaman duduk di mana aja.
Leher gue justru cenderung aman karena gue punya jarak yang cukup dengan layar dan dibantu sama TV yang gue jadiin monitor. Jadi gue bisa kerja dengan pandangan yang tinggi dan ngga nunduk. Kalau pun leher pegel karena kelamaan kerja, biasanya bakalan cepet hilang setelah 1 ronde koyoan atau diolesin essential oil. Tapi yang back and lower back ini.... uh struggle banget deh gue. Kayak constant pain gitu loh.. Ngebenerinnya harus dengan yoga (yang mana males juga gue nyeyeyeye).

2. Berapa kuota internet yang dipakai setiap bulan?
Untuk 1 bulan WFH dengan frekuensi online meeting 10-20 jam seminggu, lalu (nyaris) full blast Spotify 8 jam/hari, dan malamnya YouTube-an 15-30 menitan, gue menghabiskan kuota sebanyak 120-an GB. Ditambah Netflix-an pas weekend, ya jadinya 150-an heuhuehue.. Lately, gue belajar kalau penyebab kita nge-freeze saat video call adalah latency speednya (bukan the speed), tapi sayangnya primary WiFi dan 2 backup di rumah gue ngga ada yang waras latensinya. Memang issuenya ISP di sini belum ada yang sestabil dan sekenceng punyanya negeri tetangga sih..

Setahun ini, gue bener-bener ngerasain yang penting adalah availability kita. Wajar kalau ada orang yang extra effort untuk menjaga availabilitynya tetap terjaga supaya ngga bikin orang lain kesel karena slow-res. Jadi gue mendingan kerja bareng orang yang jujur kalau misalnya dia ngga bisa affort internet yang fast speed atau kuota yang banyak, daripada yang ngga jelas ghosting slow-res. Toh jalan keluarnya bisa dipikirin bareng-bareng.

3. Keluhan yang nge-hits: Burnout.. Zoom fatigue..
Pas lagi ngomongin burnout-burnout-an di WhatsApp Group, temen gue kurang ada yang nyeleneh banget. Dia bilang: "Ngga ada tuh namanya burnout dan Zoom fatigue! Lo cuma frustrasi aja susah cari kerjaan yang pressurenya rendah tapi gajinya gede!"

Langsung keluarin sticker Pentol yang lagi celupin kepala temennya ke air deh gue.

Eh iya, apakah bener Zoom fatigue dan burnout itu ngga ada?

Well, menurut gue perasaan positive dan negative yang kita rasain itu valid, hanya saat kita menarik kesimpulan tentang apa yang kita rasakan, kadang kita suka menggunakan istilah yang salah. Sering kali, kita jump to conclusion akibat belajar dari internet atau dari pengalaman orang lain. Gue pribadi sering kok ngerasa eneg kalo udah waktunya online meeting via Zoom atau stress pas kerja, tapi gue menghindari memberi label pada kondisi gue dengan jargon-jargon seperti itu.

Gue cenderung mencari alternatif biar mood gue bisa rebound dengan cepat. Misalnya cuti setengah hari dulu, atau ganti device secara bergilir biar yang ditatap jadi berbeda.. padahal namanya meeting kan gitu-gitu juga ya.

Jadi iya.. gue capek memenuhi tuntutan tetap produktif saat kondisi pandemi udah terlalu lama ngawur seperti ini, tapi gue ngga mau ngalah sama kondisi ini -- termasuk ngga mau melabel apa yang gue rasakan dengan jargon yang kurang tepat.

So yeah, kadang gue cuma ngga mood dan stress aja.

Butuh hiburan dan liburan.

4. Ke kantor untuk WFO
Sejak 13 Maret 2020, gue... ke kantor... mungkin cuma... ehm... *uhuk* 10x?

Bulan Juni atau Juli pas PSBB jilid 1 berakhir, gue sempat ke kantor 2-3x seminggu. Trus berhenti ke kantor setelah di minggu ketiga ada tenant lain yang confirmed positif dan gue + staff gue jumpalitan untuk tracing dan testing. Setelah itu, kantor declare lagi untuk full WFH dan ngga ada shift-shift-an. Kita ke kantor hanya bila perlu.

So I invested in everything... I bought backup modem, I built my second desk, dan yang pasti gue komit banget untuk nyalain camera setiap kali meeting. Gue masih dandan (hampir) tiap pagi, pakai parfum, pakai pakaian rapi and I bought comfy shorts biar kerjanya enak.

Melihat semua investasi dan kenyamanan yang gue dapatkan, kayaknya gue bisa banget deh kerja dengan full WFH, like, foreva :P Of kors kalau remote from coffee shop pastinya lebih enak lagi ya.

Soon ya soon! Sabar!

0 comments: