Saturday, October 9, 2021

Ng-Upgrade iPad.

Sebagian dari blog post ini gue tulis tanggal 10 September 2021, tapi ngga sempet dilanjutin. Sekarang selesain yuk biar ngga mandeg di draft aja. Pengen ngobrolin tentang iPad yang ngga disangka-sangka ternyata malah jadi most viewed/read blog post di blog ini semenjak gue nulis tentang Goojodoq [link].


Walaupun gue termasuk orang yang selalu punya iPad (sejak iPad pertama gue yaitu 3rd gen), gue bukan orang yang techno banget sampai pengen ngomongin gadget/teknologi di blog ini. Tapi perlu jujur juga sih, kalau ada temen yang belum punya iPad/tablet, pasti gue hasut-hasut untuk punya. Apalagi sejak gue optimalin penggunaannya (bukan hanya untuk media consumption), gue makin gencar rekomendasiin iPad atau tablet lainnya supaya orang lain juga bisa ngerasain asiknya paperless atau nonton Netflix sambil boboan di layar yang lebih gede.

Sejak nulis tentang penggunaan Goojodoq di iPad 6, sebenernya gue udah switch ke iPad Air 4. Alhamdulillah ada rezeki lebih dari usaha sampingan dan nyomot sikit THR *ekekekek* Motivasi utama ganti iPad sebenernya karena gue udah completely paperless dan penasaran iPad Air 4 bisa dibully sampai sejauh mana. Kebetulan banget ada nyokap yang pakai iPad 6 gue, jadi gue berharap upgrade ini ngga mubadzir.

Setelah setengah tahunan pakai iPad Air 4, gue malah makin ngga bisa lepas dari iPad. Aneh. Di dalem rumah nih, sekarang gue bisa aja ninggalin handphone setelah jam kerja karena segitu entertainingnya konsumsi media, e-book, main games, dan coret-coret di iPad. Untuk online learning juga jadi lebih enak karena layarnya lebih besar daripada iPad yang lama. Rasanya nyaman dan seneng banget lagi pegang gadget tapi ngga diganggu sama notifikasi *introvert mode: ON*.

Gue juga memutuskan kalau iPad ngga akan dipakai untuk pekerjaan selain untuk note-taking (ye ngga mungkin kan punya 1 iPad lagi khusus untuk kerja?). Tapi di iPad ini gue tetap install One Drive dan Ms. Teams yang bisa dipakai KALAU lagi dibutuhkan. Hmm, misalnya, gue lagi ke luar rumah sebentar di jam kerja (pernah tuh tiba-tiba harus ke PIM siang-siang beli sanitary napkins yang habis pas gue mens mendadak), gue ngga perlu bawa-bawa laptop deh. Cukup bawa iPad dan ternyata udah berasa “membawa” kerjaan gue — bisi ada dokumen atau e-mail yang mendadak perlu direview atau dikirim selama gue ninggalin meja kerja.

Soooo… iPad berasa seperti laptop?
Emm… berbeda banget dari segi experience.

Trus iPad berasa seperti handphone tapi lebih besar?
Ngg… ngga juga. Beda!

Mungkin nanti akan gue siapin sendiri blog post yang ala-ala Tech YouTuber gitu tentang iPad dan aksesorisnya ya.. terutama untuk beginner atau new owner yang masih pengen tau gimana mengoptimalkan penggunaan iPad. Tapi sekarang mau istirahat panjang dulu mumpung weekend masih tersisa 1.5 hari lagi. :P

0 comments: