Tuesday, January 31, 2023

Kena Covid Lagi.

Bulan Juni lalu, gue positive covid pertama kalinya (belum gue ceritain detailnya di blog ini).

Trus sekarang.. kena lagi. Dua kali dalam kurun waktu 30 minggu.

Singkatnya, kronologis covid di Juni dan sekarang itu SAMA!

Di awal bulan, gue cuti. Naik pesawat. Pergi halan-halan.

Pulang aman.

Masuk kerja langsung sibuk, pusing, jadwal padat, hectic sendiri.

Trus pergi business trip ke luar kota di tengah minggu selama 2-3 hari.

Empat hari kemudian, tepatnya di hari Sabtu, gue mulai bergejala.

Minggunya test antigen mandiri di rumah.

Strip duwa.


Kejadiannya sama-sama abis cuti yang disusul kesibukan dan business trip sampai bergadang-gadang.
Sama-sama bergejala mulai bergejala di hari Sabtu. Lalu terkonfirmasi hari Minggu (3-4 hari setelah balik) lewat antigen yang reaktif.

Btw, kalau pengen tau kenapa antigen gue dihias-hias, bisa lihat blog post yang ini [LINK].

Untungnya ada perbedaan yang signifikan dari covid pertama dan yang kedua ini. Dulu gue batuk berat, radang tenggorokan, tulang linu-linu, demam roller coaster, pusing, mencret, semua penyakit lah kayaknya collab mixtape atas nama C.O.V.I.D.

Yang sekarang, gejalanya adalah bersin-bersin yang ngga diduga-duga eh ternyata Covid. Hari Sabtu subuh (tanggal 28) gue tiba-tiba meler dan bersin-bersin. Otak sederhanaku bilang, "Ini gara-gara kemarin minum sparkling water 750 ml pake es.." Trus gue di rumah bergentayangan aja mondar-mandir sambil bersin-bersin. Sempet nge-WA temen gue dan bilang: Ini kayaknya gue flu untuk pertama kalinya sejak pandemi, sampe lupa rasanya flu gini toh (saking "sehatnya" pas pandemi karena pake masker).

NAH JANGAN JUMAWA DULU JURAGAN!

Menjelang hari Minggu siang (tanggal 29), kopi gue di kulkas "ilang", yang ada cuma kopi emak gue (gue ngeh karena gelasnya belio tandain sendiri kan). Gue tanya ke emak gue apakah dia ngabisin kopi gue alias salah ambil. LHA IYA ternyata dia salah ambil kopi, ngabisin kopi gue dari sedotan gue karena dipikir itu punya dia. Gue bilang, "Maya pilek loh, hati-hati."

YHA KADUNG.

Eh tapi gue beneran pilek apa gimana?

Kok bersin 2 hari ngga selesai-selesai.

Test antigen lah gue, karena Jum'at lalu gue test sebelum ketemu temen-temen gue, hasilnya non reaktif sebelum pilek melanda.

LHA KOK STRIPNYA DUAK?

Nyokap gue langsung tutup idung dan isyaratin gue ke lantai atas lagi untuk isoman. Trus sambil naik tangga gue mikir: Lha ngapain dia suruh gue isoman yak, dia akan abis nyerodot kopi gue.. apa dia belum ketularan?

Tapi ya udah, gue isoman aja dengan gejala pilek dan bersin-bersin.

Anyhawww pas kemarin (Senin tgl 30), gejala pilek dan bersinnya ditambah batuk dan bersin-bersin. Tapi sekarang (Selasa tgl 31) ALHAMDULILLAH BANGET gejala nyaris semuanya ilang. Mungkin karena gajian ekekekek... Eh tapi serius sih, soalnya gue tanya ke temen-temen gue yang 2 bulan terakhir kena Covid, mereka bilang gejala itu ilang di hari ke-4 dan antigennya langsung non-reaktif. Sekitar seminggu pasca gejala pertama muncul, mereka PCR juga udah banyak yang negative lagi. Sooo tadi gue coba antigen lagi, dan garis kedua udah memudar. Mungkin besok kalo coba antigen lagi dengan kondisi gejala udah makin menghilang, akan keluar hasil non-reaktif.

Covid kedua ini gue ngga mutusin untuk PCR. Alasannya repot aja karena kalau gue PCR hari Minggu kemarin, gue mesti panggil home visit PCR lagi untuk nyokap di H+4 setelah dia nyerodot kopi gue kan? Akhirnya kami memutuskan isoman aja dan nyokap antigen rutin sambil monitor ada gejala apa ngga. Alhamdulillah belio aman-aman aja sampai H+3 adegan nyerodot kopi.. dan gue juga ngga mengalami gejala berat. So, PCR-nya nanti aja untuk confirm apakah gue udah negatif di hari Jum'at atau belum.

Karena sesungguhnya yang berat dari Covid adalah
ISOMANNYAAAAAA!!!!

Jalan kepentok tembok, nyapu lantai males, cuci baju sendiri males, tiduran abis makan takut gendut, tapi mandi biar cantik juga males. Pokoknya serba salah tah. Meskipun covid sekarang bergejala ringan, tapi ngga enak juga tularin orang, jadi harus isoman.. yah gitu deh.

Aneh sih dua kali kena Covid dengan pola yang sama. Dan rasa bete isomannya masih melekat banget jadi jujur bund gue uring-uringan banget isoman kali ini, padahal baru juga 3 hari.

Kamis atau Jum'at besok rencananya gue mau PCR setelah antigennya bersih. Tujuan PCR ya bukan karena biar tercatat pemerenta ya.. BIAR KE LUAR ISOMAN LAH!

Buat you semua, stay healthy ya! Isoman tetep perlu, kalau you sayang orang-orang sekitar.

0 comments: