Sunday, April 28, 2019

Galak.


Sunday night again! GAAAAAAAAAHHHH!!!

Anywaaay.. mungkin berdasarkan foto di atas bisa ditebak di mana lokasi kantor gue. :D

Gue lagi di rumah sih, foto itu diambil beberapa waktu lalu saat gue nunggu lift dan menyadari betapa gloomynya cuaca di luar. Gue ngga kangen sama cuaca panas karena belakangan ini switch dari panas-terang ke hujan-gloomy secepat membalikkan telapak tangan gitu. Gue kangen sama cerah dingin.. kayak di London pas Summer atau di Aussie pas Winter. Ehe....

Hari Minggu ini gue kehilangan waktu istirahat karena ada 2 leads yang harus gue urus besok dan 1 testing pra-UAT di project yang lagi gue pegang. Yang bikin gue emosi tingkat tinggi saat ini adalah yang kedua.

Dalam urusan pekerjaan, gue ngga suka dengan sesuatu yang di luar kontrol gue. Dalam hal ini, termasuk meng-outsource-kan atau meng-subcon-kan sebagian aktivitas dalam project yang gue handle ke pihak lain. Artinya, gue jadi punya pekerjaan tambahan untuk memanage kualitas dari pihak yang ngga gue kenal. Tapi kondisi project ini memang mengharuskan gitu karena gue ngga punya Software Developer ye kan. Paboleh baut.

Hari ini gue kesel banget karena pekerjaan dari Tim Developer itu ngga memenuhi ekspektasi team gue. Udah 4 bulan progressnya nihil to minimum :( Padahal dari jumlah orang dan kerjaan juga lebih banyak mereka daripada team gue. Pertama, mereka ngga bisa ngoding UI/UX dan seenaknya aja nge-hardcode di front-end KUMAHA IEU KZL. Boro-boro ngejar hype UX masa kini ya, bikin UI aja designnya oooold sekali. Hal ini terpaksa gue handle dengan ngelibatin Yang Dipertuan Agung Designer ke dalam project team. Meaning: project cost di sisi gue naik lagi kan.

Selama Designer gue bikinin front-end, gue pikir Tim Developer benerin back-end ya sesuai input tim gue, ternyata kalau dilihat dari hasil testing hari ini.. kayaknya mereka nyasar di gurun mana deh selama 3 minggu terakhir. Progressnya cuma baby steps yang ngga bisa gue accept. Padahal minggu depan UAT oleh client gue. Mampus lo, May. Wk!

Hei Juragan.. Gue tau kok salah satu core problemnya apa dari masalah ini. Yaitu mereka ngga baca dokumen BRD yang udah dibikinin sama team gue. (Note: Terlalu tega kalau bilang mereka incapable)

Anyway.. Beberapa kali kantor gue kerja sama vendor atau subcon lain, gue juga denger keluhan dari PM lainnya. Umumnya karena vendor ngga bisa ngejar pace kerja dan standar kualitas kantor gue DAN minim komunikasi. Mungkin team di kantor gue jauh dari sempurna, tapi kita punya spirit untuk selalu do our best. Spirit itu yang bisa bikin kita semua tetep enjoy kerja walau project susah dan client ngeselin. Meanwhile beberapa vendor kita punya tipe team yang selow dan deliver apa adanya.

Karena terbiasa untuk deliver yang terbaik, gue cenderung ngga segan ngepush line team member gue untuk go extra miles. Sayangnya gue ini ngga sabaran, jadi dari "tegas" ke "marah-marah" itu cuma jeda 5 detik. Kalau ke team sendiri ya sudah lah kan untuk perkembangan mereka juga. Tapi kalau ke vendor? Moga-moga Project Director gue maklum kalau gue keceplosan marah-marahin vendor haha.

Ngomongin sifat galak gue itu, ternyata dulu gue pernah dijulukin Black Angel. Ceritanya panjang dan bisa jadi satu blog post sendiri. Intinya, ada sekelompok orang yang ngga suka sama gue dan itu turun-temurun hingga beberapa angkatan baru (kumpulan orang ini levelnya pada di bawah gue). "Boss" dari kelompok itu udah resign duluan, tapi namanya gosip kan terus aja jalan ya.. Bahkan ada anak baru yang ngga pernah seproject sama gue, tapi berani ngomong jelek tentang gue ke temannya. Terakhir, ada yang pas resign nulis bahwa gue adalah salah satu penyebab dia resign di exit form. Padahal.. seproject pun ngga pernah, teguran ngga pernah, ngobrol dan diskusi juga ngga pernah. Wow! Segitunya ya kalau orang udah sebel.

Minggu lalu orang tersebut meninggal. Semoga dia ngga ketemu Black Angel beneran di sana. Insya Allah, gue udah maafin segala kekeliruan dia dan teman-temannya. Gue yakin dia cuma keliru aja karena dia hanya "kenal" gue dari kata-katanya orang.

Waktu terus berjalan sampai akhirnya kantor gue cuci gudang. Anggota geng itu pada udah resign jadi sekarang isi kantor gue hampir semuanya orang-orang yang ngga pernah kenal dengan geng itu. Beberapa ada sih yang dulu denger kalau gue ini galak, jahat, dan blahblahblah, tapi seiring berjalannya waktu, mereka bisa buktiin kalau gue ngga gitu :)

Atau, gue begitu pun pasti ada alasannya :)

Lucu aja kalau sekarang denger "bocoran" dari mereka-mereka yang sekarang mulai deket dengan gue. Ada yang sengaja memutar-balikkan fakta dan fitnah loh! Iya, semudah itu nge-judge orang karena dihasut orang lain.

"Galak" memang kata yang pas untuk jadi label gue sampai cocok banget untuk dipasang di jidat. Meskipun gue ngga galak sepanjang waktu, gue ngga peduli galak sama siapa aja. Singkatnya gue bisa marah ke siapa aja. Ya termasuk ke vendor gue ini. Ugh, rasanya pengen banget sih gue mencak-mencak di Group WhatsApp kalau gue ngga mikirin hubungan profesional antara Project Director gue dengan pimpinannya vendor itu (eh emang mereka ada pimpinannya ya?).

Masih tersisa lebih dari 5 jam lagi sebelum Minggu malam berakhir. Mungkin gue akan santai menenangkan pikiran dulu biar besok terlihat happy walah pengen marah-marah.

0 comments: