Saturday, April 6, 2019

Three Reasons Being Sick Sucks.


Bersin-bersin setiap Subuh merupakan hal normal buat gue karena punya alergi, tapi selalu stop beberapa saat setelah mandi. Pokoknya pas gue bersolek, keadaan udah tentram. Nah, hari Kamis lalu, gue ngga selesai bersin sampai siang. Langsung deh gue mikir ini pasti sakit beneran.

Ternyata bener, seiring jalannya Kamis di kantor, gue makin ngga enak badan. Jum'at pagi, gue demam. Setelah check ke dokter (karena peraturan kantor kalau sakit mesti ada surat dokter), diagnosisnya adalah gue kena ISPA. Padahal Rabu malam gue baru nulis di blog ini bahwa gue punya plan untuk stay fit. Kondisi badan masih sehat banget saat itu, ngga ada tanda-tanda mau sakit sama sekali.

Sakit yang sering dateng ke badan gue sebenernya itu-itu aja. Pilek, asam lambung, sakit hati, plus sakit karena endometriosis kalau lagi kambuh. Tapi beberapa tahun terakhir, pilek (common cold) ini meningkat levelnya jadi ISPA. Pilek yang biasanya bersin-ingusan-meler mulai disertai demam sampai otot dan sendi linu-linu. Kayaknya sih sejak tahun 2013 gue udah 3x kena ISPA (mudah diinget, karena waktu pertama kali kena ISPA ada sejarahnya :P).

So... Basically kalau lagi sakit gini perasaan gue adalah KZL BGT. Kira-kira ini 3 hal yang paling bikin gue kesel kalau lagi sakit.

#1. Kulit kering
Nah ini ngeselin level andromeda :)) Kulit wajah gue bisa sampai ngeletek-ngeletek gitu. Bukan cuma di bagian hidung yang sering kegesek-gesek tissue ya, tapi sampai ke kulit pipi, dahi, dan pinggiran kuku (apa itu namanya?). Duh rasanya penuaan dini.

Sayangnya kondisi badan yang demam ngga memungkinkan gue pakai moisturiser banyak-banyak. Malah jadi ngga nyaman. Pokoknya serba salah deh.

#2. Ganggu kegiatan; acara dan janji bye!
Ini udah pasti ya, pas sakit dan ngga memungkinkan untuk ke luar rumah, kita pasti mesti batalin janji kita. Level ngeselinnya ngga separah yang #1 sih, karena kalau ini kan tinggal minta maap hehuehuehueh...

#3. Ngabisin antibiotik
Gue punya komitmen rendah terhadap hal-hal yang sifatnya rutinitas, termasuk minum vitamin dan obat. Setahun terakhir ini ada keajaiban besar karena gue rajin minum Blackmores Vitamin C yang surprisingly cukup membantu meningkatkan daya tubuh. Terbukti gue jadi jarang kena common cold.

Tapi untuk ngabisin antibiotik.. rasanya perjuangan banget deh. Nyokap mesti ngingetin gue berkali-kali kalau antibiotik itu harus dihabiskan, sementara mindset gue instan banget: kalau udah bisa kembali beraktivitas, maka stop aja semua obat.

Lagian gue sangat ngga nyaman untuk negak obat di tempat umum. Negak obat/vitamin di mall, restaurant, kantor... nehi! Oh BTW itu juga alesan gue jarang pakai contact lens, karena gue ngga suka pakai tetes mata di tempat umum.

Jadi sampai 4 hari ke depan bakalan repot nih abisin antibiotiknya. :(

Edit: Post ini originally cuma nge-list 3.. tapi mendadak kepikiran satu lagi yang ngga kalah ngeselinnya. So, boleh jadi 4 ya.. here we go:

#4. Bikin males pakai retainer, sampai akhirnya ngga pakai retainer, trus nanti sakit lagi pas pakai retainer
Ngebingungin? Sakit pilek, batuk, flu, ISPA, atau apapun yang menganggu pernafasan sesungguhnya bikin gue males pakai retainer pas tidur. Rasanya ngga enak ya pas pernafasan lagi terganggu atau mulut kering trus seonggok acrylic dan kawat mengikat kencang di gigi. Biasanya gue baru pakai retainer lagi kalau udah sembuh.

Artinya, gue bisa stop pakai retainer selama 4-5 malem. Begitu pakai lagi setelah sembuh, senut-senut deh giginya semaleman. Rasanya persis balik lagi kayak waktu abis dikencengin.

Yah, pokoknya kesel sih kalau sakit, siapa yang seneng juga? Pokoknya mesti cepet sehat soalnya Senin mau masuk kantor!

0 comments: