Saturday, January 25, 2020

Chronic Illness.

Happy Chinese New Year! Pagi ini gue menikmati kue keranjang goreng. Enak banget! Makannya cuma setahun sekali biar rasanya unik terus dan ngangenin. Trus gue bikin no-bake Oreo cake dengan recipe yang sebelumnya ngga pernah gue coba. Not bad, tapi jadinya banyak banget, siapa yang mau abisin huhuhu..

Gue pengen nulis blog post ini sejak kemarin. Di tahun 2020 yang umurnya baru 25 hari ini, gue udah denger 4 "laporan" dari temen gue kalau mereka juga punya masalah di area reproduksi wanitanya. Satu teman ada polip di rahim yang menyebabkan dia sering mens di luar jadwal (rencananya akan dikuret), satu teman lagi sudah operasi dan didiagnosa endometriosis kayak gue, satu kenalan lagi ada kista udah belasan cm (dan akan dioperasi tanggal 31 mendatang), dan satu orang lain ternyata belum pernah mens. Ada perasaan lega karena makin ke sini gue makin ngerasain ngga sendirian, tapi trus gue bertanya-tanya, kenapa banyak banget perempuan yang punya "benda asing" di area ovarium atau uterus?



Endometriosis, adenomyosis, PCOS, atau penyakit sejenis lainnya dibilang invisible illness karena ngga keliatan secara fisik, sekeliling kita juga ngga ngeh. Beberapa penderita udah masuk ke dalam kondisi disable karena udah berpengaruh ke kualitas hidupnya. Gimana ngga, punya invisible illness yang kronis itu rasanya.. let me tell you.. kayak naikin eskator yang berlawanan setiap saat. Lo mungkin ngga selalu ngerasa capek atau ngos-ngosan, tapi banyak aktivitas yang ngga terlaksana karena somehow your body betrays you.

Misalnya saat mau fokus, tiba-tiba aja ngantuk.
Saat mau kerja, tiba-tiba pusing atau mual ngga jelas.
Saat udah niat olah raga, tiba-tiba badan udah sakit atau capek duluan.

Iya, kondisi gitu masih gue alamin walaupun endometriosis terakhir udah diambil. Sepertinya problem bukan selalu berada di fisik kistanya, tapi di hormon yang ngga balace.

Kedengerannya emang lebay. Tapi gue dan banyak perempuan lainnya bener-bener berjuang tanpa mengeluh karena banyak dari kami yang merasa "udah biasa". Banyak orang yang ngga ngeh kalau sebenernya kami ini lagi merasa ngga nyaman, misalnya karena endoflare, bad cramps, or heavy period. Pain is a weird experience, but we get used to it because we we'rent given a fucking choice!

Meskipun gue merasa kualitas hidup gue terganggu, gue menilai endometriosis bukanlah sebuah kegagalan. Ovarium + uterus gue butuh high maintenance, yes; tapi personal failure, not. So that I am GRATEFUL endometriosis has given me something to fight for and making me an advocate for my own health.

0 comments: