Monday, August 29, 2016

Coffee Talk #2: "Competitive" Convos.


Saat kita lagi ngobrol sama temen, pernah ngga sih kita mikir apa yang lawan bicara kita rasakan saat ngedengerin pendapat, argumen, atau opini kita? Jujur, gue jarang banget atau bahkan ngga pernah. Ngomong ya asal nyablak aja. Apa yang ada di kepala gue langsung meluncur ke mulut. Mungkin kadang-kadang lo akan denger kata-kata "Sorry to say ya, tapi..." keluar dari mulut gue sebelum gue ngungkapin sesuatu yang nyakitin, but in fact, I didn't mean it. Sorry not sorry.

Makanya daripada nyakitin kadang gue lebih milih diem. Meskipun gitu ekspresi sarkastik gue ngga bisa ditahan, so yeah I basically speak with my face.

Di era yang serba kompetitif ini, sering banget gue denger diskusi ringan berubah menjadi diskusi persaingan. Si A cerita soal skin care merk Paris yang harganya lecetin banyak nol di rekening tapi moist banget. Si B nimpalin kalau dia lebih percaya merk Korea karena water-based. Si C tetep setia sama Jepang-Jepangan yang kudu pake 9 step sampe gajah beranak dulu baru kulitnya kinclong. Mereka ngomong satu topik sih, skin care, tapi isinya ngga ada karena cuma saling nimpalin. Kayaknya ngga bisa gitu empati sama thoughts temennya baru cerita soal experience pribadinya.
Gue bukannya nge-judge loh. Gue pun suka gitu, ngga mau keliatan ketinggalan. Saat ada omongan seru yang ngga bisa gue timpalin, I'd feel like the boat of my existence is threatened by giant waves.

Atau kadang ada juga percakapan yang kayak gini:
A: Aduh pacar gue telat jemput deh, dia kena tilang.
B: Ya ampun kenapa bisa sampai ditilang?
A: Dia ngambil bahu jalan di JORR, apes aja.
B: Eh iya loh, kakak tantenya temen sepupunya tetangga gue juga pernah gitu ditilang pas lagi di bahu jalan. Bukan di JORR sih tapi pas di dakota, tapi kalau ngga salah waktu itu dia lagi buru-buru dan sebenernya selalu sih lewat bahu jalan tapi pas aja ada polantas lewat. Trus dia SIM-nya itu ketinggalan pas di gedung klien karena ditukerin sama access card. Ya udah deh bayar Rp 100,000 apa kalau ngga salah. Pokoknya apes juga deh kayak pacar lo.

Yang dicurhatin = ngomong lebih panjang.

Apa ya sebutan yang paling OK untuk kondisi itu? Barusan gue bilang itu percakapan yang kompetitif (persaingan), dimana lawan bicara ngga pengen kalah dalam ngobrol. Harus kelihatan dan kedengeran knowledgeable bin resourceful gitu.

Bagi gue, gue ngga pernah masalah dengan hal seperti itu. Like I said gue pun juga suka gitu, apalagi kalau udah mau habis bahasan. Tapi pas gue kuliah dan belajar suatu hal yang dinamakan "Active Listening", gue berusaha untuk lebih banyak mendengarkan. Pada dasarnya gue ini orang yang provokatif dan suka mengintimidasi, tapi somehow mendengarkan juga menyenangkan kok.

Sekitar 2 minggu lalu, gue ngedengerin teman gue curhat mengenai hal ini sambil seruput-seruput kopi. Sayangnya topiknya cukup sensitif buat dia, yaitu tentang relationship. Katakanlah teman gue si Suzie curhat pada si Jane tentang pacarnya mengenai suatu hal yang ganggu saat dia LDR-an. Kebetulan Jane juga LDR. Sayangnya bukannya malah supportif, si Jane malah membandingkan pacarnya dengan pacar Suzie yang membuat Suzie malah sakit hati. Merasa Jane "menari-nari" di atas penderitaannya. :(

Conversation yang seharusnya ringan dan menyenangkan kadang bisa menjadi waktu yang melelahkan saat kita sibuk timpal-timpalan ketimbang saling mengisi. Atau saling sibuk membandingkan dan bragging daripada mencoba untuk empati. We gotta realise sometimes words can leave lasting scars that may impact the friendship. Apalagi kalau udah waktunya curhat-curhatan ya, sometimes people don't want you to speak because they need us to listen. Kan ngga enak banget ya kalau conversationnya jadi seperti ini:

A: Kenapa ya si Peter ini kalau nelepon gue selalu lelah. Kayaknya dia capek banget di sana.
B: Oh kalau si Brandon, pacar gue dia bisa bagi waktu tuh. Padahal pagi-pagi dia udah berangkat kuliah Estiga, sorenya dilanjutin kerja jadi Auditor. Tapi dia selalu nyempetin Facetime gue kalau lagi di train. Bahkan kadang juga videoin sekitar-sekitar dia biar gue bisa lihat di sana itu gimana.

Apalah bedanya sama respon, "Your boyfriend sucks."? Itu lebih singkat, padat, dan jelas, bro! Si B (or in this case, si Jane, misalnya) is certainly living in cosy bubbles, which reduce her ability to recognise what others may be feeling.

Anyway, selalu senang catch up dengan teman lama. Ngobrol, ngopi, diselingi dengan curhat. :) Looking forward to our coffee-session, P!


2 comments:

Anonymous said...

Kita paling hot timpal2an kalau lagi gozzziiiib!

Maya Junita said...

Tentu sajo!!!!