Saturday, May 2, 2020

Apa yang Berubah Gara-Gara Gue #dirumahaja dan WFH?


Gue mulai WFH tanggal 13 Maret, beberapa hari lebih awal dari ketetapan official kantor karena gue harus self-quarantine setelah liburan. Jujur awalnya gue mikir gue akan balik ke kantor 14 hari kemudian, tapi ternyata kondisinya begitu parah dan kita semua ngga akan balik ke kantor setidaknya sampai setelah Idul Fitri. Estimasi gue pribadi, sejujurnya gue berharap kita bisa selama mungkin #dirumahaja kalau kondisinya belum mendekati 100% pulih.

Buat kantor gue yang udah terbiasa kerja secara remote, full WFH ternyata tetap membawa dampak. Sesuatu yang eye opening, bahwa kita ngga sepinter itu menjalankan service remotely. Contoh singkatnya, gue kesulitan lihat distribusi load pekerjaan ke seluruh staff. Lalu awalnya ada tendency yang sibuk makin sibuk banget, tapi yang biasa aja juga mungkin ada. Managerial level pun yang biasanya "aci" kalau delegasi kerjaan, mulai berstrategi untuk delegasi ke staff yang udah dipercaya bisa kerja cepat dan benar (karena berkali-kali review dan revisi secara remote itu emang bikin capek!). But it's okay.. menurut gue ini lumrah karena butuh waktu sampai ketemu cara yang pas untuk menyamakan karakteristik pekerjaan dengan kondisi baru ini. Kalau ngga ada masalah, gue jadi bingung, you pada kerja ngga or you comin' from the futtah?? :P

Tapi, gue optimis kita akan bisa belajar banyak dari kondisi ini. Ngga usah nilai orang lain kayak gimana, nilai aja diri kita sendiri. Oh ternyata gue ngga percayaan ya orangnya? Oh ternyata komunikasi gue dalam pekerjaan ternyata seburuk itu ya? Banyak lah yang bisa kita evaluasi! We'll find a way. Eventually.

Now forget about work and let's talking about meeself!

Quarantine dan WFH sempet bikin gue ngga karuan, tapi menjelang bulan ketiga ini, gue udah biasa aja. Ritme working days dan working hours udah bisa ditempuh dengan normal, fokus udah ngga mudah teralihkan, yaa senormal-normalnya kerja di kantor. Emang lebih capek karena ngga ada istirahat jajan dan kurang jalan kaki tapi setidaknya gue merasa ini progress yang cukup bagus.

Awalnya, gue mikir dengan full WFH gini gue bisa lebih sering masak atau belajar skill baru di luar kerjaan, tapi ternyata... karena semua udah normal, maka ngga ada tuh waktu masak atau belajar ekekekek!!! Saat weekend pun gue udah merasakan rasa capek yang sama dengan hari-hari normal sebelumnya.

Kudos buat temen-temen yang sempet-sempetnya bikin pass the brush challenge, masak, jualan hasil masakannya, virtual photoshoot, sampai ada yang bikin podcast. Trust me, I've been trying to acquire some new skills or produce something, tapi sampai sekarang nyaris nol besar.

Susu almond yang sempet rajiiiiin banget gue bikin dan jual-jualin beberapa tahun lalu, sekarang baru sempat bikin SATU KALI untuk SATU CUSTOMER. Why? Karena belum ketemu mood yang seger untuk bikin haha! Trus apa lagi ya? Baca Qur'an? Serius deh, ini agama gue gimana sih? Asli cuma maju dikit-dikit tiap hari. Virtual photoshoot, cuma 1-2x lalu berhenti setelah gue ketemu tricknya (cepet selesai penasarannya). Beli es krim Viennetta juga belum. Baca buku? Damn, mata gue udah too tired!

Tapi bukan berarti gue ngga berkembang sama sekali. Setidaknya sekarang gue jadi punya kamar "baru" dan sangat menikmati kerja di kamar gue ini HAHA *tetep yes yang dibahas meja dan kursi kerja baru* OH YAAA gue juga belajar lettering caligraphy sih. Kalau biasanya gue journaling dengan huruf-huruf balok, kali ini mulai dikelok-kelokin hurufnya. Kayaknya sih gue ngga bakal istiqomah belajar lettering tapi please consider this sebagai penambahan skill lah.. setidaknya journal gue sekarang isinya ngga kayak orang marah-marah dan gambar bocah mulu.

Dan OH YAAA *lagi* gara-gara #dirumahaja gue juga ganti senar gitar gue yang udah lamaaaa banget ngga diganti. Udah sebulanan senar 6 melar tapi gue babat terus ekekek. Akhirnya gue beli senar baru, cuma unfortunately, gaung suaranya udah ngga asik lagi. My poor guitar is 18 years old this year. Time to buy a new one? Not yet sih, dalam kondisi kayak gini kita lebih baik nabung ya lagian gue juga pengen beli laptop baru sih.

Gue juga berencana untuk nulis lagi di Medium. Setidaknya satu post aja. We shall see....

Soal pengeluaran pun segitu-gitu aja. Walaupun makan siang udah disediain di rumah, pengeluaran gue stagnan karena gue banyak belanja. Kan sejak Covid-19 ini temen-temen gue banyak yang jualin masker, jadi distributor hand sanitizer, jualin homemade cake, endesbre-endesbre, nah gue mengalokasikan biaya lunch & transport gue untuk beliin dagangannya temen-temen gue. Ngga banyak, tapi gue berharap roda ekonomi tetep berputar.

Beneran deh, ngga banyak yang bisa gue lakukan selain tetep berusaha produktif kerja dan jalanin hari-hari seperti biasanya. Tapi sampai detik ini, gue ngga belum menyesali hal itu kok. Ya walaupun sempet envy sama temen-temen yang punya aktivitas baru. Gue cuma bisa nulis di WhatsApp Group dan bertanya ke mereka: GIMANAAAA CARA BAGI WAKTUNYA GIMANAAA?? GIMANA CARANYA BIAR SEMANGATTTT?

Well. Udah dulu. Mau rebahan aja, ini lagi mens hari pertama jadi sakit perut. *Alesan*

0 comments: