Saturday, June 27, 2020

Mantan, Enaknya Diapain Ya?

Gigi lagi ngiung-ngiung karena udah lama ngga pakai retainer, trus gue mau ngomongin mantan. Hih kurang menyiksa apa tuh? Kepengen ngomongin mantan soalnya dalam seminggu ini gue 2x ngobrol sama temen-temen cewe gue tentang mantan-mantan kita di tengah malam (iye, jamak #sombong). Pokoknya "mantan" itu topik yang ngga ada habisnya. Somehow, pasti ada aja satu mantan kita yang brengseknya sampe ke ubun-ubun, seolah-olah emang hadir ke dunia kita untuk berantakin hidup kita, trus pergi setelah dia puas.

Sebelum obrolan minggu ini bareng temen-temen gue, sebenernya gue wondering, jangan-jangan kita  (perempuan) suka ngomongin mantan tuh karena kita suka playing victim. Tapi seiring berjalannya waktu.. ya emang pup aja sih lakinya! :D


Blog ini mendokumentasikan beberapa cerita pacaran gue sejak tahun 2005. Tapi gue emang ngga pernah cerita detail banget, karena blog ini tentang gue bukan tentang kami. Sebagai orang yang ngga suka orang lain ikut campur urusan gue, gue nyaris ngga pernah pacaran di depan banyak orang. Pokoknya orang lain cukup tau gue pacaran sama si itu, tapi ngga pernah gue kenalin ke lingkungan yang lebih besar. Paling hanya satu circle aja yang menurut gue dia akan nyaman berada di situ.

Cerita di blog cuma buat keluarin apa yang ada di pikiran gue aja (kadang untuk bikin dia diakui), walaupun demi privasi pasangan, gue juga ngga terlalu blak-blakan buka identitasnya dan ngga pernah post fotonya. BTW ada titik di mana gue ngeh kalau blog ini dikunjungi sama mantannya pacar gue ataupun pacarnya mantan gue. Nah loh! Ada ngga ya tulisan gue yang manas-manasin mereka? :P

Balik lagi ke persoalan mantan. Gue dan temen-temen gue, sebut Ana dan Bela, cerita dalam waktu yang berbeda karena basically Ana dan Bela bukan dari circle yang sama. Ana udah nikah, sementara Bela belum nikah kayak gue. Lucunya, meskipun udah nikah, Ana masih bisa cerita tentang gimana sakit hatinya dia sama mantannya. Nikah itu bukan magic button untuk ngelupain apa yang pernah diperbuat mantan. Karena ya itu tadi.. mantan akan tetap ada, cuma rasanya aja yang sekarang udah beda.


Ada periode di mana setelah kita putus kita nangis-nangis sampai akhirnya benci sama mantan. Tapi setelah itu semua selesai (alias kita move on), kita punya rasa final yang susah diganggu gugat lagi. Rasa final itu bisa benci atau bahkan bisa maafin dan berteman lagi.

Gue sendiri bisa berteman (atau at least "biasa aja") sama mantan-mantan gue. Cuma satu orang doang ngga sengaja kepencet SHIFT + DELETE jadi dia kehapus tanpa lewat recycle bin HAHAHA Ngga kok.. pada dasarnya, untuk 1 orang itu gue memutuskan bahwa dia ngga worth it aja berada di masa depan gue dalam bentuk apapun. SHIFT + DELETE itu ngga masuk ke recycle bin bukan berarti ngga ada di memory kita loh ya, tetep ada cuma ngga bisa direstore aja! :D

Ternyata, temen-temen gue pun juga punya mantan yang di-SHIFT+DELETE-in. Mantan yang dulu pas pacaran kayaknya drama banget cuma buat dapetin ending berupa putus, trus ditangisin, tapi akhirnya sekarang bisa kita "ketawain" bareng-bareng. Walaupun belum tentu kita ketawain orangnya loh, kita lebih sering ngetawain diri kita sendiri yang ternyata.. anjaeee dulu kita bego banget ya!

Dan bullshitlah kalau kita bilang mantan itu ngajarin kita sesuatu. Orang setiap kali memulai hubungan kita pasti belajar dari nol kok! Kan orangnya beda, ngga mungkin pengalaman lama kita bawa-bawa ke orang yang baru. Ngga ada gunanya belajar dari masa lalu, karena yang kita lakukan moving forward kan? Cuma peduli sama hari ini dan besok. (PS: Lagian pacar itu paling sebel loh kalo dibanding-bandingin).

Yang bikin gue takjub, ternyata luka di hati gue, Ana, dan Bela, sama sekali ngga permanen.  Mungkin ngga bisa digeneralisir ke semua orang ya (gue paham bahwa tidak semua orang sama dalam menyikapi past relationship), tapi ada kok band aid yang bagus untuk merawat luka gituan sampai sembuh. Begitu sembuh, kegagalan dan kebego-begoannya kita tuh bener-bener tinggal jadi bahan omongan aja. Kalau udah jadi bahan omongan, boleh dong ngomonginnya sambil ketawa atau sekalian sambil maki-maki (lagi) biar seru?!

Mantan itu jadi kenangan aja, sayangnya kenangan ngga selalu kayak lagu-lagi putis zaman 2000-an. Kalau kata salah satu band: "Mungkin akan kau lupakan atau untuk dikenang", jawabannya adalah ya ngga dilupain sih.. justru dikenang untuk dijadiin bahan omongan haha... Satu hal yang pasti, karena kita juga pernah/sedang jadi mantan, biasanya kita telat menyadari damage apa yang kita tinggalkan untuk seseorang. Dan saat itu udah kejadian, terlalu terlambat untuk memperbaiki keadaan.

So, mantan enaknya diapain? Diomongin. Terserah mau omongin baik-baiknya atau jelek-jeleknya.

0 comments: