Wednesday, September 23, 2020

Week 38 of #52WeeksofMisswhadevr | Adnexitis.

Adnexitis? Apa tuh? Jangan sedih dulu kalau ngga tau! Waktu Hari Sabtu lalu gue didiagnosa terserang adnexitis, gue juga baru pertama kali mendengar nama infeksinya. Pas gue Google.. ealah, search resultnya kok langsung ngga ngenakin kayak gini ya?


Gue ngga meminta banyak penjelasan dari ObGyn tentang apa adnexitis, karena saat memutuskan ke dokter, fokus gue adalah untuk mendapatkan jawaban apakah sumber sakit perut gue ini ruptured cyst (lagi) atau bukan. Gue mulai sakit dari hari Kamis sore dan merasa semakin parah di Jum’at sampai harus cancel acara webinar di Sabtunya. Gue bener-bener ngga siap mental kalau ternyata ada ruptured cyst dan harus operasi lagi. Setelah diperiksa dengan USG yang cukup lama, ternyata diagnosanya adalah adnexitis ini, alias infeksi/radang pada daerah sekitar saluran tuba.

Sambil nunggu bayaran, gue cari tau tentang adnexitis dan kenapa rasa sakitnya aneh banget. Gue belum pernah ngalamin sakit perut yang rasanya campuran antara panas, radang, dan memar. Ngga ada rasa sakit seperti ditusuk kayak dulu (dan alhamdulillah kista gue baik-baik aja, cuma nambah 1 cm dalam 3 bulan) jadi sakitnya itu nyebar mulai dari 2 jari di bawah pusar sampai semua daerah pelvic. Gue sempet nanya ke temen-temen, apakah ini gejala UTI, tapi kok ngga sakit kalau pipis.

Yah, begitulah rasa adnexitis yang gue alami. Gue dikasih antibiotik dan painkiller Tramadol yang bikin gue teler dan high sejak Sabtu sampai sekarang. Alhamdulillah rasa sakitnya udah jauh berkurang, cuma gue masih ngga nyaman duduk dalam waktu lama dan masih suka teler. Hari ini niatnya terakhir kali minum Tramadol karena sisa sakitnya udah bisa ditoleransi.

Aneh ya, bolak-balik sakit mulu di daerah sana? Bagusnya gue agak jarang overthink, jadi penelitian-penelitian yang bilang endometriosis dan adnexitis itu berhubungan ke infertilitas belum masuk-masuk amat ke kepala gue. One thing for sure, gue mulai mengenal pattern kalau bagian kewanitaan gue emang rentan banget terserang saat gue stress.

Sabar ya, one day I'm gonna fix everything!

PS: Label/tag Endometriosis Journey udah dibetulin. Semoga ngga banyak blog post nyasar lagi ke sana.

0 comments: