Thursday, June 2, 2022

Seseg.

Pakai "G", karena rasa sesek yang ngegelayutin gue berminggu-minggu ini bukan rasa sakit yang bikin gue kesulitan nafas.

Seseg, perasaan overwhelmed yang udah terjadi dalam periode lama dan terus-menerus ngehimpit gue dari segala arah dan bikin gue capek.

Selama ada matahari, gue seperti berada dalam ilusi kesempitan walau lagi berdiri di ruang besar yang terbuka. Kemudian malam datang, lalu gue tidur dan seketika dunia gue menjadi luas.. seluas kasur gue yang sebenernya ngga gede-gede amat.

Kondisi tersebut berlangsung selama berminggu-minggu.

Gue, si "tukang berbagi penderitaan", biasanya cerita soal ini ke orang terdekat gue sebagai validasi bahwa apa yang lagi gue alami juga pernah mereka alami. Biasanya ceritanya berujung adu nasib, tapi kali ini ada yang respon ke gue, "Kayaknya rutinitas hidup lo berubah, tapi tanpa lo sadari lo ngga suka dengan rutinitas itu."

Dheg! Mungkin juga ya. Sejak kapan gue yang rada egois ini suka lupa sama diri gue sendiri?

Setelah temen gue ngerespon seperti itu, gue berusaha berdialog sama diri sendiri untuk cari tau penyebabnya dan berdamai (karena bisa aja rutinitas ini menjadi suatu hal yang permanen). Tapi seringnya gue abaikan aja karena ada banyak hal yang mesti gue kerjain. Lalu gue akan cenderung menyalahkan lingkungan atas semua yang gue alami sekarang.

Nyalahin sistem bekerja yang ngga kunjung "bener" menurut versi gue.

Nyalahin orang yang lebih banyak bicara daripada mendengar.

Nyalahin covid, pandemi.

Nyalahin Gen Z yang maunya serba instan pada semua pasti ada prosesnya.

Nyalahin AC yang airnya lagi netes ke dalem.

Nyalahin eczema yang muncul pas dewasa begini. Pas garo-garo trus perih, nyalahin diri sendiri kenapa tadi digaro.

Nyalahin segala hal...

Udah seseg, ditambah eczema... Ya Tuhan, ngga ada bagus-bagusnya deh kondisi gue.

Untuk menyadari betapa dunia itu jauh lebih luas dari ilusi kesempitan yang sedang gue alami, gue mulai ke luar rumah. Ketemu sama temen-temen lama, kemarin gue coba lari 5k lagi setelah 2 tahun (dan ternyata cuma sanggup jalan cepet aja selama 90 menit), retail therapy, nyoba kegiatan-kegiatan baru, ngajak nyokap jalan, pokoknya gue harus ke luar rumah. Gue harus kembali sadar kalau dunia ini lebih besar dari masalah yang gue hadapi.

Oh ya, saking sesegnya, untuk ke luar rumah seperti itu aja gue prefer pakai baju yang longgar. Selain fakta bahwa tiba-tiba berat badan gue naik 4 kg dan banyak celana sempit, baju yang ngepas di badan itu bikin gue berasa.... selalu seseg.

Ada suatu hal tentang seseg ini yang pengen gue ceritain, tapi gue masih tahan-tahan karena gue perlu waktu untuk memproses kekecewaan ini. Mungkin next blog post ya... Meanwhile, gue berharap orang-orang terdekat gue ngga akan pernah ngerasain seseg yang gue alami.

Karena kehilangan luasnya dunia itu, ngga enak.


 

0 comments: