Norit.

Saturday, December 10, 2016

Mungkin judul yang tepat bukan "Norit" ya, tapi "Activated Charcoal". Kalau di sini, nama Norit lebih terkenal - sama seperti "Odol" untuk "Pasta Gigi". Anyway, minggu ini ada beberapa kejadian yang berkaitan dengan activated charcoal yang melibatkan gender.

Dari dulu keluarga gue selalu nyetok Norit di rumah sebagai bagian dari PPPK. Gue sendiri baru nyetok untuk urusan pribadi gue sekitar 2 tahun belakangan sejak dokter gigi gue bilang kalau activated charcoal itu bagus untuk membersihkan racun makanan/minuman yang nyempil di mulut. Caranya cuma tinggal tumbuk 1 butir activated charcoal lalu sikat gigi seperti biasa selama 2 menit. Gue pun rajin ngikutin sarannya 1-2 kali seminggu, karena gue sering makan jorok dan selama ini masih tidur dengan retainer gigi (gue asumsikan banyak bakteri kejepit dimana-mana). Kadang-kadang Norit ini juga gue tumbuk dan gue campur dengan gelatine + air untuk dijadiin peel-off mask *karena gue korban YouTube yang lumayan parah sih*

Belakangan stock Norit ini kosong dimana-mana dan gue males cari tau apakah obat diare lainnya terbuat dari activated charcoal juga atau bukan. Gue langsung ganti pasta gigi dengan pasta gigi yang memiliki formula activated charcoal. Nah, sekitar bulan lalu, Nadya nawarin activated charcoal yang dia beli di salah satu online store. Bentuknya udah powder gitu jadi pakainya lebih gampang.

Excited, gue pun nyebarin info ke temen gue lainnya kalau Norit udah ada penggantinya (ini kalau diibaratkan dengan MLM, downline gue tentang per-Norit-an udah banyak bener deh). Trus minggu ini suami teman gue, ngobrol sama gue..

Suami Temen (ST): May, bini gue beli areng bubuk 3 botol mahal bener sampe Rp 210.000,-!
M: Siapa yang suruh?
ST: ELU! Katanya tau tokonya dari lo. Emang ngga bisa di apotek?
M: Discontinued kayaknya. Gue juga beli barang yang sama, tapi ngga 3 botol juga. Banyak amat belinya?
ST: Tah eta.. Dia beli segitu banyak bukan buat obat mencret. Katanya buat maskeran lah, gosok gigi lah, lulur ketek lah..
M: Hebat ya, barang gituan aja sekarang jadi perawatan kulit.
ST: Buat gue tetep obat mencret dan harusnya cuma Rp 20.000,-an.

Salah seorang teman gue (laki-laki juga) sempat kaget kalau ada pasta gigi dengan kandungan activated charcoal. Dia sempat membombardir gue dengan pertanyaan "Emang beneran ada? Fungsinya apa? Rasanya gimana? Mahal ngga? Apa istimewanya?" Bahkan dia shock banget begitu gue bilang ada yang jual norit-bubuk-online. "Haaaaaa sekarang jadi produk make up?" (again, laki-laki mengeneralisasi skin care product sebagai make up).

Tapi ternyata, buat perempuan yang mulai care sama urusan perawatan kulit, kayaknya activated charcoal ini udah jadi raw material yang wajib dimiliki. Bahkan pada udah ngga ada malunya posting foto pakai masker activated charcoal di Instagram sampe susah dibedain sama Dakocan.

Mungkin manfaatnya ngga terlalu terasa kalau kulit kita ngga bermasalah ya. Tapi buat gue yang lagi breakouts karena nyoba-nyoba CC Cream lain bulan lalu, activated charcoal ini sangat membantu menyembuhkan jerawat-jerawat yang meradang. Caranya cuma cukup campurin activated charcoal dan aloe vera gel Banana Boat, lalu dijadikan masker selama 10 menit. Surprise banget tuh, seminggu tiga kali pakai dan jerawatnya signifikan kempis. Pas gue obrolin sama temen-temen gue, mereka jawab kalau mereka udah tau khasiat itu dari blognya si anu atau artikel di situ *downlinenya udah pada lebih pinter*

Well, walaupun ada khasiatnya, kayaknya sih kalau gue rekomendasiin ke laki-laki tetep aja susah ya, soalnya bagi mereka activated charcoal ya obat mencret itu.

Sore ini, ada teman laki-laki yang nge-WhatsApp.

"May, kata Si Thia gue suruh nanya lo nih. Itu bubuk Norit yang kemarin dia pakai di Snapchatnya bisa buat sengajain konstipasi ngga ya? Gue mau tour de Java, suka males cari toilet umum."

Oh, Boys!

2 comments:

  1. wow.....bisa buat jerawat ya, baru tau. kalau utk pasta gigi udah nyoba dikasih temen hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak.. :D
      Jangan berharap hasil instan sih, tapi lama-lama dia mengering tanpa sempet jadi putih-putih yang meletus gitu.

      Delete

 
template design by Studio Mommy (© copyright 2015)