Thursday, April 9, 2020

Password Fatigue.


Udah beberapa waktu belakangan ini gue mengalami password fatigue. Ada moment di mana gue gagal login ke laptop, padahal laptop kan gue pake setiap hari. Gue juga sempet gagal masukin PIN GoMobile CIMB sampai keblokir, dan gue bener-bener ngga ada ide ini apa yang salah ya? Usernamenya kah? Passwordnya? PIN-nya kah? PIN GoMobile atau PIN Kartu? (PS: Gue emang pakai Face ID, tapi kalau lagi maskeran kan ngga dikenal sama Face ID-nya ya, bok!).

Gue mau evaluasi diri apa yang salah juga kayaknya kok lebay.. Soalnya gue tau penyebabnya: Gue selalu pakai username, password, dan PIN beda-beda untuk setiap login credentials, bahkan kartu ATM. Kalau mau songong nih, gue tuh punya information security awareness yang tinggi, sampai repot sendiri.

Kalau PIN kartu ATM, masalahnya beda. Gue ngga mungkin lupa karena udah pada kerekam di muscle memory. Paling ketuker-tuker aja. Ujungnya sih sama aja rasa jengkelnya.

Face ID dan Touch ID yang ada di smartphone itu memang solusi. Tapi bikin kita manja dan sering lupa.
Kayaknya ini saatnya download password manager deh! Udah ada beberapa social media dan aplikasi yang ngga pernah gue buka karena gue males recover username dan passwordnya, seperti Facebook, LinkedIn, dan Skype.

PS: Belum bisa upload foto dari Safari nih. Apa harus coba upload dari Google Chrome?
PS(1): Ternyata bisa dari Google Chrome, tapi sizenya ngga bisa diubah. Pffft!

0 comments: