Tuesday, June 9, 2020

Oh, Appetite!


Selain karena "emang udah dari sononya", badan gue petite karena gue ngga berlebihan makan dan ngga hardcore olah raga. Gue ngga pernah menghitung sih, tapi gue rasa calorie intake gue sesuai dengan kebutuhan tubuh, jadi terlepas dari lemak yang bisa bikin beberapa daerah jadi cubitable, stature gue cenderung mengarah ke ideal. BTW gue pernah kurus setelah operasi, tapi ngga pernah kurus banget. Dan meski rada gembil, ngga pernah gembil banget.

Saat kita dipaksa WFH dan #dirumahaja karena pandemi COVID-19 ini, gue mengira-ngira apakah gue akan makin gembil dan gain some weight karena gue jadi lebih sedikit bergerak. Hampir 3 bulan berlalu, dan ternyata.. eng ing eng.... permasalahan kegembilan baru timbul setelah Lebaran, alias 3 minggu terakhir ini.

Selama ini, gue menjaga asupan gue dengan prinsip "I eat what I want". Kalau gue pengen pizza, gue kejar pizza, ngga mau mie. Karena kalau gue makan mie, gue akan tetep cari pizza. Maka dalam kondisi kenyang, gue bisa aja order pizza untuk menyelesaikan kabita-nya gue (prinsip itu udah gue terapin lama banget sejak gue ngeh bahwa manusia sering mengalami emotional eating). Selain itu, kalau bingung makan apa, gue selalu cari tau saat itu lagi pengen rasa apa: manis, asem, asin, pedas, atau justru gue mencari texture? Pernah suatu saat gue rasanya pengen makan, tapi gue ngga tau mau apa. Akhirnya gue icip gula dan garem untuk cari tau apa yang gue pengenin. Setelah gue tau gue pengen asin, baru deh gue cari alternatif makanan asin.

Tapi prinsip itu ngga berlaku saat PMS. Dalam periode ini, gue bisa aja pengen makan lebih dari 1 jenis makanan dan ngga kenyang-kenyang. Dulu aja udah parah, lalu setelah operasi endometriosis kedua di 2018, nafsu PMS ini lebih parah lagi. Semakin parah 3 minggu terakhir ini karena dari PMS, mens, sampai sekarang masa ovulasi, gue pengen makanin banyak makanan - DAN udah makanin banyak makanan!

Too bad, sekarang ini gue ngga tau gimana cara nyetopnya. Jalan satu-satunya adalah olah raga lagi (karena sejak pandemi gue ngga olah raga)! Impact ke badan belum terlalu berasa sih, tapi gue tau kalau sampai weekend ini appetitenya ngga bisa diteken.. duh! *knock on wood*

Untungnya di rumah gue terbiasa sharing. Ceritanya tadi gue pengen makan 3 jenis D'Crepes. Gue beli deh via ojek online. Lalu gue potong-potong ujungnya aja untuk gue makan. Sisanya sharing dengan nyokap dan adik gue. Yang penting terobati keinginannya, ngga mesti habisin semua makanannya (another prinsip yak!).

Kayaknya lucu banget, hidup 33 tahun tapi ngga ngga pernah berhenti untuk mempelajari tubuh kita. Mungkin karena tubuh kita evolving juga akibat perubahan gaya hidup, kuat-lemahnya organ, perubahan hormon, sampai stress/happiness (mood) yang kita alami. Tapi dalam kasus gue, sepertinya gue harus kembali olah raga.. ngga usah pake alesan pandemi-pandemian lah, gue harus cari olah raga yang memang sesuai dengan kondisi ini. *Kangen banget muay thai!*

Dah ah, balik lagi comotin D'Crepes-nya!

0 comments: