Sunday, August 18, 2019

Now I Like To Knee People.


Waktu kerjaan gue lagi sellooooow banget sekitar 5-6 tahun lalu, gue seneng banget olah raga lari untuk ngisi waktu. Dimulai dari iseng-iseng sama seorang temen, akhirnya gue tamat race half-marathon dan pernah 2 kali long run sampai marathon distance. Rasanya dulu waktu senggang gue bisa banyaaaaak banget. Jarak dari rumah ke kantor pun cuma 3 km-an, jadi seminggu bisa 2-3 kali  jogging pulang ke rumah.

Trigger pertama gue berhenti lari adalah karena gue, ehm, mundur perlahan dari circle utama yang saat itu topik pembicaraannya mulai ngga sehat. Sempat lari sendiri atau berdua beberapa kali sebelum akhirnya gue totally berhenti karena mulai kecapekan kerja. I know, banyak yang bilang jangan pakai "kerja" sebagai alasan ngga olah raga, tapi buat gue, itu realita loh. So.. setelah beberapa tahun bener-bener berhenti olah raga, gue sempat mikir, mau mulai olah raga apa ya? Ada temennya ngga ya? Apa sign up membership gym lagi?

Sampai akhirnya, ada 2 orang konsultan di kantor yang suka muay thai bikin inisiatif untuk trial session di awal Maret kemarin. Gue bareng 20-an orang lainnya ikutan sembari meng-underestimate olah raga itu. Dikirain pemanasannya stretching aja selanjutnya kita punchie-punchie ya kan... Ternyata hrrrr hrrrrr.... Untungnya *somehow*meskipun jompo berat* gue masih sanggup ikut warming up itu tanpa pengsan!!

Setelah warming up, kita diajarin teknik dasar beberapa gerakan. Baru selanjutnya masuk ke sesi padding secara bergantian. Nah, pada saat sesi padding kick (kaki) itulah gue ngegaprok pad-nya sampai kuku gue berdarah. Coplok, eventually.

Misalnya saat itu kuku gue ngga injured, gue bisa aja ngga ngelanjutin olah raga ini karena lumayan kapok sama warming up-nya. JUSTRU GUE LANJUTIN KARENA GUE TENGSIN HAHAHA! Nanti anak-anak sama coachnya ngira gue menyerah hanya gara-gara kuku :| Sesi kedua, ketiga, keempat, mungkin gue ngga enjoy karena kebanyakan jompo dan lemotnya, tapi lama-lama.... ya.... nagih gitu. Malahan suka sebel kalau bolos latihan karena meeting malam atau lagi business trip.

So, berarti udah 5 bulanan gue muay thai bareng temen-temen kantor dengan coaches dari camp yang kita hire. Dari yang kikuk karena ngga ngerti disuruh punchie-punchie gimana, sekarang gue udah bisa lebih luwes. Yang ngga gue sangka, ternyata gerakan bela diri ini punya koreografi. Semua butuh fokus, akurasi, konsistensi, bahkan kalau didengerin bener-bener ada ketukan-ketukannya (jadi ngga asal sruduk aja brosis!). Salah satu cara untuk mainnya enak adalah dengan jaga ritme. Susah loh, apalagi biasanya gue latihan dengan kondisi heart rate di 120-140 bpm yang bikin gue makin emosian dan ngga bisa denger instruksi.

Temen gue ada yang sempat coba (trial session) muay thai sebelum gue, dan dia bengek ngga karuan pas warming up sampai akhirnya ngga ngelanjutin lagi. Gue pun pertama-tama bingung kenapa warming up-nya brutal banget, sementara teknik shadow boxing dan padding cuma kebagian jatah 30 menit (padahal judulnya olah raga berantem tapi berantemnya ngga sampai 30 menit). Makin ke sini gue makin nyadar kalau olah raga ini bener-bener menggunakan seluruh bagian tubuh, including hip rotator dan bahu. That's why, otot di seluruh tubuh mesti dilatih kuat untuk ngasih lebih banyak power. Sekilas mirip golf, yang menghasilkan pukulan kuat bukan power atau stick di tangan, tapi hasil dari swing.

Perbedaan signifikan yang gue rasain dari lari adalah: gue ngga peduli Garmin watch udah nunjukin berapa km, berapa heart rate gue, dan musik apa yang main di handphone gue. Lah, orang selama latihan jam tangan dilepas dan jauh dari handphone! Satu jam latihan bener-bener fokus diri lo sendiri. Meskipun itu hal baru buat gue, ternyata asik juga olah raga tanpa bertanya "Udah berapa lama neh?!".

Menarik juga "pindahan" ke olah raga yang low impact (dari running dan TRX) ke olah raga high impact yang sekarang udah sukses bikin bruises di shin kiri-kanan gue. Walaupun belum sampai tahap addicted, setidaknya sekarang gue bisa ngelihat gue dan muay thai akan punya long-term relationship karena gue masih penasaran banget dan seneng sama keringetannya :D

0 comments: