Sunday, August 23, 2020

Ethome Homecare & Amarome.

Walaupun masih jarang berpergian ke luar rumah, sejak awal pandemi gue udah rajin beli hand sanitizer dan disinfectant spray. Awal-awalnya gue belanja brand yang namanya kemedis-medisan dan berbau alkohol, tapi lama-lama coba yang wangi aromaterapi supaya aktivitas semprot-menyemprot ini menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Gue fokus untuk beli dan coba produk dalam negeri. Sebisa mungkin yang home industry gitu karena ini bener-bener masa sulit untuk banyak usaha. Bagi sebagian orang, semua produsen memanfaatkan pandemi ini untuk memproduksi sanitizer dan disinfectant (alias aji mumpung), tapi bagi gue, mereka mencoba untuk stay relevant. So I decided to try and buy some from local brands. Lalu ada 2 brand yang gue suka banget!!



Gue ngga akan menuliskan asal-usul dari brand ini karena gue ngga research sama sekali. Gue juga ngga tau apakah produk-produk gini bisa membunuh Coronavirus atau ngga (but hey, yang jelas bukan berarti kita abai!). Tapi gue akan menceritakan experience gue menggunakan produk ini sampai orang-orang tergoda beli HAHAHA! Ngga ding! Gue cuma pengen sharing aja! :P

Ethome Homecare
Gue suka banget sama packaging simple yang mewah, dan begitu ngelihat packaging ini.. WAW UWE BANGET! Sesungguhnya ini banyak tulisan di labelnya, tapi bodo amat lah itu tulisannya apa, terlebih pas gue coba semprotin wanginya memang harum heuheuehu *perempuan banget ya?* Awalnya, yang punya adalah nyokap gue, tapi karena gue juga perlu satu, akhirnya gue beli varian lainnya.

Di rumah, ada 4 produk Ethome, yaitu 2 surface disinfectant (varian Pristine Matcha & Citronella Citrus), 1 hand sanitizer (varian Jasmine Magnolia), dan 1 gadget disinfectant (varian White Tea & Pear). Dilihat dari nama variannya, udah ketahuan bahwa mereka merancang wangi yang mewah.

DAN BENER!!!!

Kombinasi packaging yang putih elegan + wangi mewah + harganya yang Rp10-ribuan lebih mahal dari brand lainya memang bikin positioning Ethome agak di atas. Well, at least kalau dibawa ke mana-mana, kita akan terlihat seperti parno in elegant way (lah?).

Meskipun wanginya aromaterapi gitu, ada wangi tajem juga di produk-produk disinfectantnya yang bikin kita ngerasa, "Hoo ini memang membunuh kuman!", if you know what I mean. Tapi untuk produk hand sanitizernya, tuntas ngga ada bau-bauan aneh.

Ethome Homecare ini sangat gue rekomendasikan untuk yang pengen punya alternatif surface disinfectant. Karena wanginya yang mewah, gue rasa ngga bakal ganggu orang sekitar kalau kita semprot di kantor atau di restaurant sebelum/sesudah kita duduk or touchy-touchy something. Yang gue ngga rekomendasiin adalah untuk semprot bungkus paket karena ya ampun sayang banget deh sama wanginya T_T

Instagram: @ethomeoffcial
Tokopedia: Ethome Official

Amarome Naturals
Saat saling merekomendasikan hand sanitizer dan surface disinfectant dengan beberapa teman gue, muncullah nama Amarome Naturals. Temen gue cuma bilang 2 kata mujarab ini: "Ini wanginya enak! Ngga bikin tangan kering!"

So, main-mainlah gue ke Instagram dan Tokopedianya, lalu..... Lah kok murah? You know, di saat-saat gini walaupun judulnya pengen tetap relevant dengan kondisi, jarang ya ada brand/bisnis yang mau patok harga murah untuk produknya. Ini malah bikin gue pe-na-sa-ran dan ujungnya masuk lah ke shopping cart trus check out!

Karena gue tertarik dengan linen spraynya, maka gue juga beli linen spraynya. Temen gue rekomendasiin wangi lemongrass untuk hand sanitizernya, tapi karena gue punya essential oil lemengrass (dan menurut gue wanginya aneh), maka gue beli aroma White Tea.

Cocok? COCOK BANGET!

Wanginya emang jaaaauh lebih tajem daripada Ethome. Ibaratnya gini, kalau Ethome menyisakan sensasi aromaterapi, Amarome meninggalkan kesan parfum. Pada saat disemprot, seperti lo semprotin EDT dan wanginya akan stay di tangan lo sampai lo cuci tangan lo. So, ada kemungkinan berantem sama parfum di pergelangan tangan kita kalau ngga hati-hati milih aromanya.

Linen spraynya juga mantap. Temen gue bilang, linen spraynya bisa bantu dia tidur, tapi gue malah melek heuhehuehu! Soalnya wangi linen spraynya seger. Menyenangkan banget kalau gue semprot di kamar ber-AC, trus gue cuci muka atau mandi, lalu balik ke kamar setelah 5-10 menit. Artinya cocok banget untuk ditaro di koper lalu dibawa pas lagi business trip (karena lo tau kan, suka ada hotel yang kamarnya apek banget!).

So, beda sama Ethome yang kesannya mewah dan aromaterapik ya.. Amarome lebih meninggalkan kesan segar dan parfume-y. Mungkin karena produk mereka didominasi diffuser dan pengharum mobil kali ya? Saat beli White Tea, gue dikasih sample Lemongrass dan Lotus. Lalu gue coba memang cocok banget sebagai pengharum ruangan/mobil. However, gue suka sama Amarome ini karena emang ngga bikin tangan kering.

Instagram: @amaromenaturals
Tokopedia: Amarome Naturals

Terlepas dari temuan gue dan kegemaran beli sanitizer/disinfectant model gini, gue lebih seneng cuci tangan. Waktu di Istanbul lalu, gue ketemu sabun kertas (yang sempet happening pas gue SD) produksi Benri. Langsung deh gue beli banyak untuk dibagi-bagiin. Sabun kertas itu juga yang suka gue bawa untuk jaga-jaga kalau di toiletnya ngga ada sabun.

All in all dalam kondisi gini memang banyak hal yang harus "dibawa enjoy aja". Buat gue yang dulu antiiiii banget bawa hand sanitizer di tas (termasuk bete banget kalau lihat ada gantungan hand sanitizer di tas), aktivitas semprot-semprot ini harus dibikin menyenangkan supaya gue juga happy jalaninnya. Yah namanya juga kebiasaan baru ya! And I love love love to share about good findings kayak gini HAHAHA! *padahal pamer*

Stay healthy and clean!