Tuesday, January 7, 2020

Environmentally Aware (?).


Selamat, Jakarta! Hari ini udah ada berita bahwa Pemprov DKI Jakarta akan melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat, mulai bulan Juli 2020. Akhirnya, Jakarta akan "disetarakan" dengan Bali dan Bogor, yang penduduknya dari dulu udah bilang, "Kita udah dari tahun lalu!"

Gue ngga tau ya ini ada aturan resminya atau ngga. Dan kalaupun ada, wah gue malas bahas deh. Cukup aturan payment system dan financial institution aja yang gue kaji; yang ini gue tinggalin untuk orang lain yang lebih ahli :) Tapi tanpa atau dengan aturan, enforcement untuk mengurangi penggunaan kantong plastik memang diperlukan.... kalau.... mau serius implementasinya.

Gue sendiri udah mencoba untuk Go Green sejak 5 tahunan yang lalu, jadi belakangan ini gue udah mulai nge-review konsistensi dan experience gue dalam menggunakan segala sesuatu yang reusable. Conclusionnya: Ngga mudah untuk menjadikan habit (kebisaan) menjadi sebuah lifestyle. Maksud gue, dengan pakai reusable shopping bags lantas ngga menjadikan gue berani melabel diri sebagai seseorang yang Go Green atau Eco-Friendly.

Pertama, adalah soal bottled water dan tumbler. Handicap gue dalam hal ini adalah bawaan gue yang sehari-hari cukup sangat berat (gue bawa laptop), sehingga gue bener-bener ngga punya space untuk bawa tumbler atau tupperware selama mobile. Kalau ada isinya jadi berat, tapi kalau kosong ya menuh-menuhin. Water bottled adalah solusi yang pas untuk orang dengan stature petite kayak gue (150 cm / 43 kg) yang bawaannya banyak soalnya bisa dibuang setelah kosong.

Jadi mon maap ya, bottled water masih jadi pilihan saat mobilitas gue tinggi selama hari dan jam kerja.

Lanjut! Kedua, adalah sedotan alias plastic straw vs metal straw. Ini yang paaaling gampang dijalanin. Gue ngga perlu sotoy bahas idung kura-kura ketusuk sampah sedotan plastik, gue cukup bahas kejijikan gue sejak kecil tiap kali ngebayangin sedotan plastiknya ternyata bekas pakai orang lain. Apalagi kalau dapet yang udah pipih-pipih gitu. Yucks!

Gue selalu prefer minum dari gelas daripada pakai sedotan plastik. Kalau ngga lupa bawa sedotan metalnya, gue pakai deh. Oh ya, kecuali untuk boba ya.. gue belum punya metal straw yang besar untuk minum boba. (Eh soal boba dan eskopsus kekinian itu jadi masalah lain ngga sih, karena kan semua disajikan di kemasan sekali pakai?)

Ketiga, soal reusable sanitary napkins, menspad, atau menscup. Gue udah pernah bahas di sini [link] dan jujur aja, dalam urusan ini faktor kenyamanan ngga bisa dijadikan nomor dua. Bagus banget sih kalau ada yang bisa konsisten shift ke reusable dari pembalut sekali pakai.. tapi buat gue, aduh! Lagi-lagi kendalanya adalah mobilitas gue yang tinggi sangat menuntut kenyamanan. Experience lengkap mengenai penggunaan menspad silahkan lihat di link di atas.

Keempat, whatelse? Oh, shopping bags tentunya! Pikiran gue mengenai plastic shopping bags vs reusable ones sebenernya cukup sederhana: Hidup gue tetap membutuhkan kantong plastik. Contohnya untuk buang sampah rumah tangga. Suatu saat gue pernah kehabisan plastik  ukuran medium/besar untuk buang yang jorok-jorok dari kamar, kok rasanya emosi ya?

Akhirnya yang bisa gue lakukan adalah me-manage penggunaan kantong plastik saat gue belanja. Gue memang masih sering lupa bawa shopping bags gue, tapi kantong plastik di rumah gue itu pasti kepake lagi. Gue lipet-lipet segitiga gitu dan simpen di dekat dapur, jadi kalau butuh tinggal pake aja.

Di rumah cuma nyokap gue yang paling konsisten bawa reusable shopping bags. Soalnya beliau selalu bawa tas besar (sementara gue sukanya bawa tas kecil, jadi buntelan shopping bags itu makan tempat banget). Tapi diitung-itung, ternyata banyak juga shopping bags gue yang HILANGNgga ketahuan gue udah beli berapa kali. Setelah beli yang baru, yang lama malah ketemu. Untungnya sekarang udah gue kumpulin dan rapiin.

Apa lagi ya? Udah, kita evaluasi dari 4 items itu aja.

Jadi, persepsi atas diri gue sendiri begini:

Gue udah mencoba dan sayangnya gue mesti mengakui bahwa saat ini, segala sesuatu yang reusable itu ngga menjadikan banyak hal menjadi lebih hemat. Semua hal yang reusable, akhirnya menimbulkan kebutuhan tambahan waktu untuk mencuci. Mencuci tupperware, metal straw, menspad, sampai cuci shopping bags kalau ternyata ada yang bocor. Dan sepertinya air yang digunakan untuk mencuci menspad itu jauh lebih banyak daripada air untuk cuci disposable sanitary napkins.

Tapi kalau kita environmentally aware, kita ngga akan take it for granted kok. Gue mengeluh soal mencuci itu karena gue levelnya emang masih di bawah banget. Yang gue lakukan adalah me-manage penggunaan plastik-plastik itu supaya ngga terlalu banyak, tapi gue juga ngga akan membuat diri gue susah. Misalnya, disposable sanitary napkins masih gue pakai saat daylight, tapi kalau malam, gue pasti pakai menspad ke-cu-a-li kalau besok gue ada meeting penting di pagi hari (karena ngga lucu kalau gue telat berangkat akibat cuci menspad).

Kalau suatu hari kita ketemu trus kalian liat gue bawa tumbler Starbucks dengan ujung metal straw yang mencuat, kemudian nenteng reusable shopping bag yang cute, trus mengaku sedang pakai menspad, artinya kalian bukan ketemu Duta Go Green. Mungkin saat itu gue lagi santai dan punya banyak waktu aja. However, gue environmentally aware; bahwa bumi ini emang udah kebanyakan sampah yang sulit terurai. Makanya gue suka nolak kalau ada swalayan yang double bagged belanjaan gue. I need those plastic bags tapi bukan berarti mesti double bagged lah!

Dedikasi gue belum seperti aktivis-aktivis lingkungan hidup. Untuk sementara ini, yang bisa gue lakukan dengan konsisten sejak gue kecil adalah tidak buang sampai sembarangan.

1 comments:

Andita Sugiatno said...

Setuju banget May soal reusable shopping bags. Gw lupaan kan orangnya, jadi ya jatohnya beli2 melulu. Mana jadinya numpuk di rumah. Setiap habis bongkar belanjaan, idealnya kantong2 tsb langsung dibalikin ke mobil utk shopping berikutnya. Eh kenyataan nya tidak semudah itu :D

Setelah bongkar belanjaan SELALU ada distraction. Ketika udh sukses nyimpen tas2 belanja di bagasi mobil, eeeh pas belanja lupa dibawa turun. Baru inget pas mau antri kasir. Gitu aja terus cycle nya.

Gw lagi berusaha juga nih diawali dengan ngurangin sampah. Re-use as much stuff as possible, food waste juga dikurangin dengan cara masak dikit2 aja yg penting cepet abis. Beli buah/sayur dalam jumlah sedikit jg supaya ga keburu busuk nunggu dimakan.. Yah gitu2 lah. Menspad/menscup gw blm ada niatan nyoba karena entahlah masih belom pengen aja wkwwkwk